Update Berita:

PKS: Koalisi Sepakat PT 4 Persen, Kecuali PPP dan PKB

Al Muzammil Yusuf
Jakarta. Semua elemen koalisi parpol yang tergabung dalam Setgab sudah setuju angka Parliamentary Treshold (PT) sebesar 4 persen. Hanya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang belum sepakat.

"PPP dan PKB masih berharap di bawah 4 persen," kata Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Muzamil Yusuf, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Menurut Muzamil, sebelumnya semua anggota koalisi setgab sudah sepakat dengan angka 4 persen tersebut. Namun, dengan perkembangan situasi sekarang ini, kesepakatan tersebut masih mungkin berubah.

"Nggak tahu perkembangan sekarang," ujarnya.

Muzamil menjelaskan, selain masalah PT, masih ada beberapa persoalan lagi yang belum disepakati oleh setgab. Salah satunya adalah sistem pemilihan terututup atau terbuka.

"Masih akan dibahas mengenai pilihannya tertutup atau terbuka," jelasnya.

Sebelumnya Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Taufik Kurniawan, mengatakan kesepakatan angka PT sudah mengerucut ke angka 4 persen. Selain PT, masalah lain yang hampir disepakati setgab adalah mengenai alokasi kursi per dapil dan sistem pemilihan.

"Tentunya empat isu yang masih hangat itu kan sebetulnya tinggal 2. Parliamentary Threshold mengerucut 4 persen. Konversi kursi dibagi habis di dapil disetuju. Terhadap dua hal yang lain menyangkut alokasi kursi per dapil dan sistem pemilu itu yang perlu dibicarakan dan disepakati di Setgab. Dalam setgab akan disepakati," kata orang terdekat Ketum PAN Hatta Rajasa ini.

Saat ini pimpinan fraksi menghadiri rapat konsultasi dengan pimpinan DPR. Pertemuan menyangkut penuntasan revisi UU Pemilu yang ditargetkan selesai akhir bulan Maret ini.
______________
Sumber: detik.com
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

 
© Copyright PKS Kabupaten Madiun 2012 | Designed by Abuarsyad.