Update Berita:

PKS Ingin Koalisi Kecil Demi Efektivitas Pemerintahan

Koalisi kecil setelah Pemilu 2014 dinilai lebih efektif dibandingkan menjalin koalisi besar seperti yang terjadi saat ini di Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengatakan, sudah saatnya membentuk koalisi kecil demi sistem pemerintahan yang efektif. Dia menjelaskan,jika koalisinya tidak terlalu besar,pemerintahan akan berjalan lebih efektif. “Hal itu bisa diwujudkan melalui presidential threshold yang moderat. Saya kira presidential threshold yang besarannya sama dengan parliamentary threshold(PT) akan moderat.Ini agar kita kembali ke filosofi awal bahwa dalam masa transisi dan regenerasi kepemimpinan nasional, perlu insentif konstitusi bagi calon-calon presiden,” katanya di Jakarta kemarin.

Anis menyatakan,semua pihak perlu mendorong partai politik menengah untuk mengajukan calon-calon presidennya. Menurut dia, presidential threshold yang besarannya disamakan dengan PT juga memiliki kegunaan lain.Masyarakat memiliki lebih banyak pilihan capres dan semua pihak tidak perlu lagi melakukan politik dagang sapi dengan koalisi seperti sekarang ini.

Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Edi mengemukakan,ada tiga pertimbangan yang dipegang partainya soal presidential threshold. Pertama, sebenarnya rakyatmemilikihakuntukmemilih pemimpinnya dengan jumlah yang memadai.Kedua, pilpres yang akan datang harus bisa mengakomodasi kesederhanaan dalam demokrasi.Ketiga, pilpres harus mempertimbangkan jalannya pemerintahan. “Jadi,berbicara presidential threshold, titik ideal ada di tengah adalah 3,5–20% suara nasional meskipun idealnya 15%. Kalau 15%,saya kira akan muncul empat calon. Itu bisa menyederhanakan,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mengungkapkan, jika presidential threshold besarannya 20%, tidak akan ada banyak calon.Sementara ada gejala tidak sehat di mana mereka yang sudah tiga kali ikut pilpres akan kembali maju pada 2014.

“Jadi sebaiknya angka presidential threshold dikembalikan seperti pada Pilpres 2004.Partai yang lolos PT boleh mencalonkan capres. Kalau dikatakan memperbanyak capres, buktinya Pilpres 2004 hanya ada lima calon,”pungkas dia.
 ______________
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

 
© Copyright PKS Kabupaten Madiun 2012 | Designed by Abuarsyad.